Pengikut

Rabu, 27 Februari 2013

LEGENDA KOTA INDRAMAYU


Legenda Kota Indramayu

Darma Ayu adalah bidadari atau Dewi dari Istana Langit atau khayangan yang jatuh cinta pada Wira Lodra anak Tumenggung yang sakti mandraguna. Darma Ayu terpaksa melawan larangan Istana Langit untuk bisa menemui Wira Lodra. Karena itulah Darma Ayu dihukum dibuang ke bumi.

Sementara itu Wira Lodra yang menolak cinta Puteri Kedasih dalam pengembaraannya bertemu dengan Darma Ayu Bidadari yang jatuh cinta kepadanya. Pertemuan romantis yang mereka jalin menyebabkan Wira Lodra nekat mengejar Darma Ayu ke Istana Langit. Sampai di Istana Langit barulah Wira Lodra tahu kalau Darma Ayu yang dianggap bernoda karena mencintai manusia dibuang oleh Ratu Langit ibunya para bidadari ke bumi. Karena itulah Wira Lodra mencari Darma Ayu ke bumi.

Setelah melalui liku-liku peristiwa barulah Wira Lodra bisa bertemu kembali dengan Darma Ayu yang ternyata telah menjadi Rtau kecil didaerah baru yang dibuka dan dibangun bersama penduduk asli yang tinggal ditepi Sungai Cimanuk. Wira Lodra yang punya tugas membuka daerah baru di Sungai Cimanuk bertemu dengan kekasih yang dirindukannya itu.

Bersama mereka membangun daerah baru itu. Tapi baru bahagia-bahagianya Wira Lodra dan Darma Ayu merajut cinta, muncul Puteri Kedasih yang mengaku hamil karena Wira Lodra. Darma Ayu kaget dan kecewa setelah tahu Wira Lodra bukan jejaka lagi dan bahkan menjadi bapak.

Walaupun Wira Lodra bersumpah-sumpah tidak pernah berhubungan dengan Puteri Kedasih, Darma Ayu tidak percaya. Darma Ayu pilih mengalah dan pergi. Wira Lodra kecewa patah hati, marah kepada Puteri Kedasih. Puteri Kedasih memang sengaja datang untuk menghancurkan kebahagiaan Wira Lodra dan Darma Ayu menunjukkan bahwa hamilnya bohongan.

Guru Sambega yang berhasil mengorek keterangan dari Guru Aji membongkar semua sandiwara yang dimainkan oleh Puteri Kedasih itu. Kedasih sangat terkejut, kecewa dan cemas karena setelah semua terbongkar ternyata Guru Aji meninggal dan tidak bisa mengembalikan perut Puteri Kedasih yang hamil karena kekuatan hipnotisnya Guru Aji.

Kedasih hamil yang tidak akan pernah melahirkan. Wira Lodra yang sedih kehilangan Darma Ayu menangis dalam tangisnya ia panggil Damar Ayu dengan panggilan kesayangannya. "Darmayu...!" Konon dari nama Dermayulah nama kota Indramayu berasal! (And)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar